Jenis Makanan Sehat Untuk Penderita Sembelit Saat Hamil

Sembelit adalah masalah yang umum pada kehamilan, sekitar setengah dari ibu hamil mengalami sembelit dibeberapa titik dalam kehamilan mereka, Kondisi ini bisa sangat tidak nyaman. Perut terasa penuh, buang air besar kurang tuntas dan tinja keras sehingga sulit dilewatkan.
Terdapat beberapa penyebab sembelit saat hamil, diantaranya yaitu :

  1. Peningkatan hormon progesteron. Salah satu fungsi hormon progesteron ini adalah memperkuat otot dinding rahim agar mampu menahan janian yang sedang dalam masa pertumbuhan di dalamnya. Secara bersamaan kerja jormon ini juga mengakbiatkan kelambatan gerak peristaltik otot-otot saluran pencernaan sehingga proses pembuangan ternganggu dan hal inilah yang menyebabkan sembelit pada masa kehamilan.
  2. Kurang beraktifitas. Bila ibu hamil kurang beraktifitas maka kerja dari usus yang mencerna makanan akan mengalami penurunan dan hal ini bisa menyebabkan konstipasi pada kehamilan.
  3. Tekanan janin pada rahim dan lambung. Dengan adanya penekanan yang dilakukan janin ini maka hal tersebut akan mengakibatkan aliran makanan dalam saluran pencernaan akan mengalami hambatan dan hal ini bisa menyebabkan sembelit saat hamil.
  4. Konsumsi suplemen zat besi (Fe) yang berlebihan.

Sepanjang tak ada gejala penyakit penyerta lainnya, sembelit pada masa kehamilan seperti halnya perdarahan, konstipasi tak perlu dikhawatirkan. Apalagi sembelit saat hamil bisa dicegah dan diatasi. Salah satu Cara untuk mengatasi sembelit yaitu dengan mengkonsumsi jenis makanan sehat untuk penderita sembelit saat hamil:

  • Kismis

Buah kismis bermanfaat sebagai pencahar alami karena mengandung cukup serat. Sebelum anda mengkonsumsi buah kismis ini, sebaiknya buah tersebut direndam terlebih dahulu lalu makanlah setiap pagi.

  • Pepaya

Pepaya mengandung vitamin C dan memiliki serat tinggi. Hal ini bermanfaat mengatasi sembelit. Jadikan pepaya sebagai buah pencuci mulut, anda pun akan terhindar dari sembelit.

  • Strawberry

Vitamin C dalam strawberry juga tinggi dan dapat mengurangi sembelit. Bahkan buah ini bisa bersifat sebagai astringen untuk meredakan demam.

  • Mentimun

Mentimun mengandung kalsium, fosfor, zat besi dan vitamin C. Jadikan mentimun sebagai lalapan maka anda pun terhindar dari keluhan sembelit.

  • Cincau

Cincau kaya akan serat dan rendah kalori. Kandungan tersebut bermanfaat mengatasi sembelit, diare, perut kembung, demam dan panas dalam. Selain itu, cincau juga berfungsi membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen penyebab kanker. Cincau dapat diolah menjadi campuran es buah yang nikmat diminum.

  • Temulawak

Ramuan temulawak juga dipercaya dapat mengatasi sembelit. Adapun cara membuat ramuan: bersihkan batang dan rimpang muda temulawak, lalu rebus sampai mendidih. Saring, kemudian minum selagi masih hangat. Minumlah ramuan ini sehari sebanyak 2-3 kali.

  • Wortel

Wortel juga kaya akan serat dan bermanfaat menyembuhkan sembelit, mengobati sakit saat buang air, meningkatkan aliran saat menstruasi, dan menjaga kesehatan kulit.

Demikian penjelasan mengenai jenis makanan sehat untuk penderita sembelit saat hamil. Semoga bermanfaat.

| Jenis Makanan Sehat Untuk Penderita Sembelit Saat Hamil

Baca Artikel lainnya:

Obat Sembelit Pada Ibu Hamil

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s